HUBUNGAN RESPONS TIME PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN AMBULANS GAWAT DARURAT (AGD) DINAS KESEHATAN PROVINSI DKI JAKARTA

Putri, Ananda Delia (2023) HUBUNGAN RESPONS TIME PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN AMBULANS GAWAT DARURAT (AGD) DINAS KESEHATAN PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar Belakang: Respons time memiliki peran dalam penanganan pasien karena akan menanamkan rasa saling percaya dan kepuasan terhadap pasien. Jika harapan pasien tidak terpenuhi oleh pelayanan kesehatan yang diterimanya. Salah satu tujuan peningkatan standar pelayanan kesehatan adalah meningkatkan kepuasan pasien. Berdasarkan informasi dari survei kepuasan masyarakat selama tiga tahun terakhir di Ambulans Darurat (AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, ditetapkan bahwa pada tahun 2018 sebesar 73,15%, tahun 2019 sebesar 72,34%, tahun 2020 sebesar 70,96% dan target pencapaian adalah sebesar 100% Tujuan: Untuk menilai hubungan antara kepuasan pasien dan Respons Time perawat dalam pelayanan Ambulans Darurat (AGD) yang diperuntukkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Metodologi: Metodologi cross-sectional dan desain penelitian deskriptif korelatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian berjumlah 257 pasien, mengunakan purposive sampling technique. Instrumen dari penelitian ini yang termasuk dalam penelitian yang mengajukan koesioner tentang kepuasan pasien dan kuesioner tentang respons time. Dengan koefisien alfa Cronbach sebesar 0,870, validitas dan reliabilitas survei kepuasan pasien telah dilaksanakan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian mengungkapkan hubungan antara Respons Time perawat dan kepuasan pasien dalam pelayanan Emergency Ambulance (AGD) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menunjukkan p-value 0,020 (p < 0,05). Kesimpulan: Respons time perawat yang cepat membuat kepuasan pasien meningkat. Saran: Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai perawat dalam melakukan respons time cepat kepada pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 23 May 2023 06:18
Last Modified: 23 May 2023 06:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item