PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DENGAN ANAK PADA PENGGUNAAN GADGET DI WILAYAH RT 008 RW 001 PINANG RANTI JAKARTA TIMUR

Kuncoro, Adam (2023) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DENGAN ANAK PADA PENGGUNAAN GADGET DI WILAYAH RT 008 RW 001 PINANG RANTI JAKARTA TIMUR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekarang ini pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja, tetapi hampir semua kalangan termasuk anak-anak sudah memanfaatkan gadget dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari. Peranan orang tua terhadap anak ialah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan anak menjadi lebih dewasa. Orang tua memberikan gadget pada anak adalah sebagai kebutuhan pendidikan atau menambah pengetahuannya dengan belajar menggunakan gadget. Tetapi lama-kelamaan teknologi tersebut digunakan oleh sang anak lebih kearah hiburan. Pada dasarnya, penggunaan gadget membantu meningkatkan kemampuan otak kanan anak selama dalam pengawasan yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal orangtua dengan anak dalam penggunaan gadget di RT008 RW001 Pinang Ranti, Jakarta Timur. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengolahan data triangulasi. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah Para orang tua yang memenuhi syarat tertentu. Kriteria yang dijadikan sampel penelitian adalah Orang tua yang memiliki anak laki-laki berumur 12 tahun dan orang tua yang memberikan gadget kepada anak laki-laki yang berumur 12 tahun dengan menggunakan metode Purpose Sampling. Di sisi lain diketahui bahwa adanya perbedaan karakteristik anak ketika diperbolehkan bermain gadget dengan karakteristik anak ketika tidak diperbolehkan bermain gadget, perbedaan karakteristik yang terjadi pada anak dikarenakan adanya larangan bermain gadget yang dilakukan oleh orang tua, kebanyakan dari anak tersebut jika dilarang menggunakan gadget menjadi lebih emosional, kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan. Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak yang mengharuskan menggunakan gadget dalam proses belajar metode daring selama pandemi Covid-19 kebanyakan dari anaktersebut sudah terbiasa menggunakan gadget sehingga pada saat pembelajaran kembali normal anak tersebut susah lepas dari gadget tersebut. Diketahui bahwa adanya pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya. Pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan yaitu dengan cara menasehati atau menegur dengan cara yang lembut agar tidak berpengaruh terhadap mentalnya. Berdasarkan hasil penelitian orang tua yang memiliki anak diketahui bahwa sebagian orang tua merasa cemas karena pengaruh dari gadget itu sendiri dan merasa takut anak tersebut menjadi kecanduan bermain gadget.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 08 May 2023 02:26
Last Modified: 08 Jun 2023 03:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item