STRATEGI SURAT KABAR MEDIA REPUBLIKA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL

Susbach, Ibrahim (2023) STRATEGI SURAT KABAR MEDIA REPUBLIKA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Ibrahim Susbach_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_BAB_I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_BAB_II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_BAB_III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_BAB_V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ibrahim Susbach_Skripsi_Lampiran Belakang.pdf

Download (923kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai bagaiman strategi media cetak dalam era digital. Bagaimana bisnis media cetak melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perkembangan industri media massa dewasa ini. Dalam media Republika, diterapkan beberapa strategi pada bisnis media cetak. Republika menerapkan strategi diferensiasi, serta implementasi dari Teori Strategi & Perencanaan Komunikasi yakni POACE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik analisis data. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Redaktur Pelaksana Koran yakni Nur Hassan Murtiaji. Dalam surat kabar Republika, diterapkan beberapa strategi diantaranya strategi jurnalisme Republika, strategi diferensiasi, dan strategi membuka peluang baru. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi agar dapat mempertahankan eksistensi bisnis perusahaan di era digital, pada akhirnya media cetak harus terus berinovasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 08 May 2023 02:27
Last Modified: 08 May 2023 02:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item