Makwa, Haura Janatul (2022) IMPLEMENTASI KERJASAMA INDUSTRI E-COMMERCE INDONESIA – TIONGKOK BERBASIS EKONOMI DIGITAL TAHUN 2017-2020. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (889kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (510kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (64kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (762kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (250kB) |
Abstract
Perkembangan perdagangan digital atau e-commerce pada saat ini telah menjadi industri yang mengalami perkembangan secara drastis, Teknologi komunikasi menawarkan kepada negara-negara baik negara berkembang maupun negara maju untuk untuk mempromosikan tahapan industrialisasi baik yang sedang dilalui maupun yang akan mengubah perekonomian negara mereka menjadi memiliki nilai tambah yang tinggi yaitu perekonomian yang mampu bersaing dengan perekonomian negara-negara maju di kancah pasar global. The Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) merupakan kerjasama Free Trade Agreement (FTA) yang dilakukan ASEAN bersama dengan negara mitra yang dipercaya akan memberikan potensi ekonomi dari integrasi pasar dan membentuk suatu kawasan ekonomi yang menghasilkan Produk Domestik Bruto (PDB) dengan nilai sebesar USD 20 triliun. Indonesia dan Tiongkok merupakan anggota dari perjanjian tersebut. RCEP memiliki 20 working groups. Namun, penulis hanya fokus kepada E-Commerce yang merupakan salah satu working group dalam RCEP. Oleh karena itu rumusan masalah penulis berupa Mengapa Indonesia dan Tiongkok bekerjasama dalam industri e-commerce yang berbasis ekonomi digital? kemudian, keuntungan serta hambatan apa saja yang dilaluinya? Penelitian ini akan menganalisis Implementasi Kerjasama Industri E-Commerce antara Indonesia – Tiongkok Berbasis Ekonomi Digital. Penulis menggunakan teori organisasi internasional, teori liberalisme interdependensi dan teori kerjasama internasional untuk menunjang penelitian agar lebih komprehensif. Hasil dari penelitian ini terimplementasi pada pemerintah Indonesia yang telah melakukan beberapa kerjasama dengan Tiongkok untuk mengembangkan industri e-commerce. Pemerintah Indonesia melihat adanya peluang bagi produk lokal untuk menembus pasar Tiongkok dengan adanya perdagangan digital dan poin-poin yang ada dalam kesepakatan RCEP. Begitupun dengan Tiongkok yang mendapatkan pangsa yang tepat dengan menjadikan Indonesia sebagai mitra strategis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 03:00 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6010 |
Actions (login required)
View Item |