PERBEDAAN BUDAYA PERUSAHAAN KOREA SELATAN DENGAN INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS BUDAYA HOFSTEDE

Wardani, Dyah Kusuma (2022) PERBEDAAN BUDAYA PERUSAHAAN KOREA SELATAN DENGAN INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS BUDAYA HOFSTEDE. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (220kB)

Abstract

Dewasa ini hubungan bilateral Korea Selatan dan Indonesia semakin erat, terutama di bidang perdagangan dan investasi. Lalu lintas migrasi di kedua negara tersebut terus berkembang, mempertemukan kebudayaan-kebudayaan yang berbeda dan saling berinteraksi satu sama lain. Oleh sebab itu, kompetensi lintas budaya sangatlah diperlukan terutama dalam kegiatan bisnis. Tanpa adanya kepekaan atas perbedaan budaya dapat menimbulkan masalah serius dalam bisnis, sebab setiap kebudayaan memiliki caranya sendiri dalam menangani bisnis dan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran perbedaan budaya perusahaan Korea Selatan dan Indonesia untuk membantu para pengusaha atau manajer Korea Selatan maupun Indonesia dalam memahami perbedaan budaya yang ada menggunakan analisis budaya Hofstede. Hofstede mengklasifikasikan budaya nasional ke dalam enam dimensi diantaranya: Low/high power distance (rendah/tinggi jarak kekuasaan), individualism/collectivism (individualisme/kolektivisme), masculinity/femininity (maskulinitas/feminimitas), short term vs long term orientation (orientasi jangka pendek/ panjang), uncertainty avoidance (penghindaran ketidakpastian), Indulgence vs restraint (pemanjaan vs pengekangan). Menggunakan dimensi budaya tersebut dapat membantu kita untuk mengukur perbedaan budaya Korea Selatan dengan budaya Indonesia. Metodologi penelitian ini adalah desk research dengan menggunakan data sekunder. Hasil analisis dikumpulkan dalam tabel yang berisi informasi tentang perbedaan budaya perusahaan Korea Selatan dan Indonesia dalam. Hasil penelitian menemukan bahwa budaya perusahaan Korea Selatan dan Indonesia memiliki banyak kemiripan. Perbedaan yang signifikan terlihat pada penghindaran ketidakpastian dan orientasi jangka panjang pada kedua negara tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:52
Last Modified: 06 Oct 2022 02:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item