Rihadatulaisy, Rulla (2022) JENIS DAN MAKNA TINDAK TUTUR ILOKUSI BAHASA KOREA DALAM DRAMA THE MYSTERIOUS CLASS DI YOUTUBE (KAJIAN PRAGMATIK). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover (Lembar penunjang, abstrak 3 bahasa, kata pengantar, dan daftar isi).pdf Download (665kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (179kB) |
|
Text
Lampiran (Daftar pustaka, lampiran, hasil turnitin).pdf Download (475kB) |
Abstract
Penelitian pada skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi dalam drama The Mysterious Class. Dalam tindak tutur ilokusi terbagi lagi menjadi 5 jenis tuturan yang meliputi tuturan asertif, direktif, deklaratif, ekspresif, dan komisif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik simak dan catat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tindak tutur ilokusi yang dikemukakan oleh Searle (1976) dan Yule (1996) sebagai penguat teori. Data dari penelitian ini terdapat pada drama milik Treasure yang berjudul The Mysterious Class yang ada di YouTube dengan tujuan untuk menemukan jenis dan makna tuturan ilokusi pada drama. Hasil dari penelitian ini ditemukannya 5 jenis tindak tutur ilokusi yang meliputi asertif, direktif, deklatarif, ekspresif, dan komisif. Kemudian data makna yang ditemukan adalah 118 makna tuturan yang berasal dari tuturan ilokusi asertif, direktif, deklaratif, ekspresif, dan komisif yang telah dikumpulkan dari teks verbal dalam drama The Mysterious Class.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5272 |
Actions (login required)
View Item |