PEMANFAATAN MACHINE LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN STRATEGI PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMK

Budiman, Tegar (2025) PEMANFAATAN MACHINE LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN STRATEGI PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (502kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil (UMK) memainkan peran yang cukup krusial dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi sebesar 60,5% terhadap PDB Indonesia dan terus berkembang membantu serta mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial, pada Kota Tangerang Selatan, UMK menunjukkan perkembangan positif dengan peningkatan 2,62% pada tahun 2024. Namun meski begitu, UMK masih menghadapi tantangan seperti permodalan dan adaptasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Machine Learning algoritma Random Forest Regressor, sehingga dapat menguji apakah E-commerce memiliki pengaruh terhadap strategi penjualan UMK di Tangerang Selatan hingga dapat mengoptimalkan strategi penjualan UMK. Evaluasi kinerja dua algoritma pembelajaran mesin menggunakan Gradient Boosting Regressor dan Random Forest Regressor menunjukkan bahwa Random Forest Regressor memiliki performa terbaik dengan MSE terendah sebesar 14.08 dan R² tertinggi sebesar 0.899 serta dalam tahapannya model tersebut lebih tahan terhadap overfitting dan menangkap hubungan non linear daripada algoritma lainnya, dengan strategi yang baik untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis E-commerce adalah strategi personal seling karena pendekatan yang lebih mudah dan banyak digunakan oleh pelaku UMK. Penggunaan e-commerce terbilang meningkatkan rata-rata penjualan dari 30.74 menjadi 63.34, menunjukkan dampak positif yang signifikan. Ciputat tercatat sebagai pusat aktivitas UMK, sedangkan Serpong memiliki jumlah UMK paling sedikit. Implementasi e-commerce seperti E-Shop dapat menjadi solusi efektif bagi UMK dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan yang mendukung pertumbuhan UMK di Tangerang Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 18 Jul 2025 04:27
Last Modified: 18 Jul 2025 04:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item