HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @UPT.P4OP DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BAGI PENERIMA KJMU (KARTU JAKARTA MAHASISWA UNGGUL)

Fhahmi, Aldi (2025) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @UPT.P4OP DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BAGI PENERIMA KJMU (KARTU JAKARTA MAHASISWA UNGGUL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi perhatian, penghayatan, frekuensi, current need approach, everyday need approach, dan exhaustive need approach serta seberapa lama durasi penerima kjmu dalam pemenuhan kebutuhan informasi, apakah ada hubungan pengaruh dan sejauh mana hubungan antara intensitas penggunaan akun Instagram @upt.p4op dengan pemenuhan kebutuhan informasi bagi penerima KJMU dan seberapa kuat hubunan antara intensitas penggunaan akun Instagram @upt.p4op dengan pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei kepada 136 responden dan menggunakan probability sampling yaitu simple random sampling. Kemudian datanya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang dibentuk dengan SPSS versi 27. Hasil uji deskriptif ini menunjukkan bahwa sebanyak 61,76% responden setuju bahwa mereka memberikan perhatian tinggi dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Sedangkan dimensi lainnya seperti penghayatan, frekuensi, durasi, current need approach, everyday need approach, exhaustive need approach dan cathing-up need approach menyatakan bahwa hal tersebut masuk ke dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan akun Instagram @upt.p4op dengan pemenuhan kebutuhan informasi, yang dibuktikan dengan nilai sig. Hitung sebesar 0,001 < sig. Riset 0,05 yang berarti ada hubungan antara akun Instagram @upt.p4op dengan pemenuhan kebutuhan informasi. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan nilai r 0,806 dan menunjukkan hubungan yang kuat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuatantara intensitas penggunaan akun Instagram @upt.p4op dengan pemenuhan kebutuhan informasi bagi penerima KJMU. Saran dalam penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya bisa mendapatkan akses kepada p4op agar bisa mendapatkan populasi yang banyak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:27
Last Modified: 10 Jul 2025 01:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item