REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM IKLAN REXONA RUN 2024 DI YOUTUBE REXONA INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Mudzakir, Ahmad (2025) REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM IKLAN REXONA RUN 2024 DI YOUTUBE REXONA INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi perjuangan hidup dalam iklan Rexona Run 2024 dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam iklan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggali makna dari simbol-simbol visual dan narasi yang muncul dalam setiap adegan iklan. Pada iklan ini, perjuangan hidup setiap tokoh menggambarkan keberanian, ketekunan, dan pengorbanan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini mampu merepresentasikan perjuangan hidup melalui penggambaran dari setiap tokoh dengan latar belakang dan motivasi yang berbedabeda, dengan empat belas scene yang merepresentasikan perjuangan hidup. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini bahwa pentingnya semangat untuk terus melangkah maju dan jangan mudah menyerah, meskipun menghadapi rintangan hidup. Teori semiotika Roland Barthes membantu mengungkap bagaimana iklan mengkomunikasikan nilai-nilai perjuangan hidup melalui tanda-tanda yang ada, baik secara visual maupun audio. Penelitian ini memberikan konstribusi dalam memahami bagaimana iklan dapat merepresentasikan nilai-nilai perjuangan hidup dan memotivasi audiens melalui pesan-pesan inspiratif. Kata Kunci : representasi, semiotika, perjuangan hidup

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:35
Last Modified: 03 Jul 2025 02:35
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item