ROMOSI BUDAYA KOREA SELATAN MELALUI KOTAK BUDAYA HANSIK (한식문화상자) DI INDONESIA

YULIVIAN, AZIZZAH RETNO (2024) ROMOSI BUDAYA KOREA SELATAN MELALUI KOTAK BUDAYA HANSIK (한식문화상자) DI INDONESIA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (18MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (672kB)

Abstract

Soft power merupakan elemen yang dapat digunakan sebagai konsep dalam diplomasi sebuah negara ke masyarakat internasional. Soft power mencakup pengaruh melalui budaya, dan nilai-nilai moral. Korea Selatan memanfaatkan soft power untuk diplomasi budayanya dan promosi melalui Hallyu atau Korean Wave. Budaya Korea telah melebar luas ke ranah internasional, termasuk Indonesia. Korea Selatan dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomasi sejak tahun 1973 hingga sekarang. Di Indonesia, Korea Selatan melakukan promosi budaya melalui instansi pemerintah Korea seperti salah satunya adalah Korean Cultural Center Indonesia (KCCI). Melalui berbagai acara yang diselenggarakan oleh KCCI, Korea Selatan melakukan upayanya untuk mempromosikan budayanya ke Indonesia. Kotak Budaya Hansik (한식문화상자 [hansik-munhwa-sangja]), merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Korea Selatan melakukan promosinya. Di bawah naungan KCCI, Kotak Budaya Hansik dimanfaatkan sebagai upaya promosi dan diplomasi budaya Korea Selatan khususnya tentang Hansik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:17
Last Modified: 30 Oct 2024 04:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item