PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MELALUI PENDEKATAN DESIGN THINKING DI SMAN 1 JONGGOL

Trianingrum Kurniawati, Silvia (2024) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MELALUI PENDEKATAN DESIGN THINKING DI SMAN 1 JONGGOL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (586kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi sebuah sistem informasi berbasis aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah di SMAN 1 Jonggol. Melalui penerapan pendekatan Design Thinking, penelitian ini menempatkan pengguna (siswa, guru, dan staf sekolah) sebagai pusat dalam proses perancangan. Dengan mengikuti tahapan empati, definisi, ideasi, prototyping, dan pengujian, berhasil dikembangkan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan spesifik sekolah. Evaluasi yang dilakukan menggunakan Key Performance Indicators (KPI) menunjukkan bahwa aplikasi telah berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai aspek pengelolaan sekolah, seperti pengelolaan data siswa, jadwal pelajaran, dan komunikasi. Meskipun demikian, hasil evaluasi juga menunjukkan adanya beberapa area yang perlu ditingkatkan, seperti user experience dan tingkat penggunaan beberapa fitur tertentu. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menunjukkan potensi penerapan Design Thinking dalam pengembangan sistem informasi pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan sistem informasi yang lebih baik di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:23
Last Modified: 24 Sep 2024 03:23
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item