STRATEGI NATION BRANDING JEPANG MELALUI "COOL JAPAN" SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN WISATAWAN INDONESIA KE JEPANG TAHUN 2017 - 2020

INKAN AINIEDA, KINARA (2024) STRATEGI NATION BRANDING JEPANG MELALUI "COOL JAPAN" SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN WISATAWAN INDONESIA KE JEPANG TAHUN 2017 - 2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi nation branding Jepang melalui Cool Japan sebagai upaya meningkatkan wisatawan Indonesia ke Jepang pada periode 2017-2020. Penulis menggunakan pendekatan teori Diplomasi Publik, konsep Soft Power (Joseph S. Nye, 2008) dan konsep Nation Brand (Simon Anholt, 2003). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan yang bersumber dari berbagai literatur yang relevan seperti buku, laporan, jurnal, media nasional dan internasional. Hal penelitian menunjukan bahwa sedikitnya ada 2 (dua) faktor yang menjelaskan bagaimana upaya nation branding Cool Japan meningkatkan wisatawan Indonesia untuk memenuhi kepentingan nasional Jepang. Faktor-faktor tersebut adalah penyebaran secara massif high culture dan pop culture Jepang. Penggunaan soft power seperti penyebaran bahasa dan budaya populer Jepang secara langsung menambah minat masyarakat Internasional untuk datang ke Jepang, termasuk Indonesia. Hal ini diimplementasikan Jepang dalam program Cool Japan dibantu dengan JNTO dan Cool Japan Fund sebagai wadah. Respon wisatawan Indonesia sebagai salah satu target dari Jepang untuk meningkatkan wisatawan ini menyebabkan meningkatnya domestik ekonomi Jepang dan memperluas budaya Jepang di luar negeri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JN Political institutions (Europe)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:37
Last Modified: 20 Sep 2024 03:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item