ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH MELON PREMIUM (Cucumis melo L.) DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (Studi Kasus di Made Fresh, Desa Cimahpar, Kota Bogor)

Setyawan, Shadam (2024) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH MELON PREMIUM (Cucumis melo L.) DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (Studi Kasus di Made Fresh, Desa Cimahpar, Kota Bogor). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Lembar Awal Hasil Turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga maksimal yang bersedia dibayarkan oleh konsumen atau willingness to pay dan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh kesediaan membayar buah melon premium di Made Fresh dengan variabel pendapatan, persepsi, dan gaya hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2024 di Perkebunan Melon Hidroponik Made Fresh, Kota Bogor. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara langsung menggunakan kuesioner yang telah disiapkan. Data sekunder diperoleh dari lokasi penelitian, buku, internet, dan instansi terkait. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling, melibatkan 50 responden. Analisis yang dilakukan yaitu analisis dengan Contingen Valuation Method (CVM) untuk mengetahui nilai WTP, dan analisis dengan regresi logistik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi WTP dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai WTP yang didapatkan dari perhitungan yaitu sebesar Rp. 51.060.- yang berarti harga jual produk bisa ditingkatkan dari Rp. 50.000 menjadi maksimal Rp. 51.060.- (meningkat 2,1% dari harga awal). Sedangkan dari 3 variabel pengaruh yang diuji, diketahui bahwa seluruh variabelvariabel yaitu pendapatan, persepsi, dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap kesediaan membayar. Variabel yang paling dominan kuat adalah Pendapatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:46
Last Modified: 26 Sep 2024 06:41
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item