HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KINERJA PERAWAT DALAM PERAWATAN LUKA MODERN DI WOCARE CENTER BOGOR TAHUN 2024

Abas, Tomi (2024) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KINERJA PERAWAT DALAM PERAWATAN LUKA MODERN DI WOCARE CENTER BOGOR TAHUN 2024. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan, terutama dalam pelayanan keperawatan. Perawat memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pelayanan rumah sakit karena berinteraksi langsung dengan pasien selama 24 jam. Penelitian ini akan mengkaji kepuasan pasien terhadap kinerja perawat dalam perawatan luka modern di Wocare Center Bogor, mengingat tingginya prevalensi luka kronis akibat diabetes yang memerlukan penanganan khusus dan profesional. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap kinerja perawat dalam perawatan luka modern di Wocare Center Bogor. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap kinerja perawat dalam perawatan luka modern. 25 pasien perawatan luka modern diambil secara total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, lalu dianalisis menggunakan SPSS dengan uji univariat dan bivariat untuk mengidentifikasi hubungan antara kinerja perawat dan kepuasan pasien. Hasil Penelitian: (1) Observasi di Wocare Center Bogor menunjukkan bahwa sebagian besar prosedur perawatan luka modern dilakukan sesuai SOP, dengan beberapa kekurangan terkait komunikasi dan penjelasan prosedur. (2) Terdapat hubungan signifikan antara kinerja perawat dan kepuasan pasien di Wocare Center Bogor (p < 0.05). (3) Aspek kepercayaan, jaminan, kenyataan, dan tanggung jawab perlu dipertahankan; sedangkan aspek empati perlu ditingkatkan. Kesimpulan: Perawat sudah mematuhi SOP dan memiliki keterampilan teknis yang baik, tetapi perlu meningkatkan komunikasi terapeutik untuk memenuhi standar kepuasan 100% sesuai Permenkes 2019. Meskipun begitu, hasil uji Chi Square menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kinerja perawart dan kepuasan pasien. Saran: Perlu adanya peningkatan kualitas layanan, pelatihan komunikasi, dan sistem respons keluhan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:24
Last Modified: 29 Aug 2024 08:24
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item