ANALISA INTERVENSI KEPERAWATAN MELALUI TEKNIK KOMUNIKASI ITRAPROFESI BERBASIS SBAR PADA LAYANAN HOME SERVICE DI KLINIK PRATAMA ALFIN HOME CARE TANGERANG

Dachi, Bobby Stevan (2024) ANALISA INTERVENSI KEPERAWATAN MELALUI TEKNIK KOMUNIKASI ITRAPROFESI BERBASIS SBAR PADA LAYANAN HOME SERVICE DI KLINIK PRATAMA ALFIN HOME CARE TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (934kB)

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi menjadi unsur penting dalam hal peningkatan keselamatan pasien. Komunikasi Perawat dan tenaga kesehatan lainya yang dilakukan dengan standar SBAR (Situation, Background, Assesment, Recommendation). Belum diterapkannya teknik pelaporan dengan komunikasi berbasis SBAR secara optimal via telepon antara perawat dan tenaga kesehatan lainnya pada layanan home service di Klinik Pratama Alfin Home Care Tangerang. Tujuan: Menerapkan teknik komunikasi SBAR via telepon antara perawat dan tenaga kesehatan lainnya secara optimal pada layanan Home Service di klinik Pratama Alfin Home Care Tangerang. Implementasi: mengatasi masalah yang dapat muncul dengan mengaplikasikan desiminasi ilmu dan role play, tentang komunikasi berbasis SBAR kepada perawat dan tenaga kesehatan lainnya di Klinik Pratama Alfin Home Care Tangerang. Hasil : Desiminasi ilmu dan role play dilaksanakan para perawat dan tenaga kesehatan lainnya serta mengikuti acara dari awal sampai dengan selesai. Perawat dan tenaga kesehatan lainnya mengerti dan paham serta bisa mengaplikasikan teknik komunikasi berbasis SBAR via Telepon. Hasil evaluasi selama 3 hari adanya penerapan komunikasi berbasis SBAR via telepon secara optimal. Kesimpulan dan saran: Pelaksanaan pelaporan berbasis komunikasi SBAR intra profesi pada pelayanan Home Service di Klinik Pratama alfin Home Care dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik. Pelaporan hendaknya menjadi suatu hal yang harus di perhatikan untuk menghindari kerancuan dan kesalahan dalam intervensi keperawatan. Oleh karena itu sangat disarankan agar perawat dan tenaga kesehatan lainnya dapat mengaplikasikan komunikasi berbasis SBAR via telepon dengan baik agar asuhan keperawatan yang di berikan bermutu dan berkualitas sehingga pelayanan keperawatan pada layanan home service di klinik Pratama Alfin Home Care menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:07
Last Modified: 09 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item