EFEKTIFITAS PROMOSI KESEHATAN MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG BAHAYA ROKOK DI RW.02 KELURAHAN JATIPADANG

HADI, SULISTIOWATI KUSUMA (2023) EFEKTIFITAS PROMOSI KESEHATAN MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG BAHAYA ROKOK DI RW.02 KELURAHAN JATIPADANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku merokok pada remaja saat ini menjadi masalah yang masih tinggi di Indonesia. Perilaku merokok pada remaja timbul akibat kurangnya informasi yang didapatkan yang berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja mengenai bahaya rokok. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas dari promosi kesehatan melalui video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya rokok. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pre-test and post-test without control group. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 111 dengan tekhnik probability sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas serta video animasi. Kuesioner tersebut terdiri dari 20 kuesioner pengetahuan dengan nilai koefisien cronbach’s alpha yaitu 0,971 dan 20 kuesioner sikap dengan nilai koefisien cronbach’s alpha yaitu 0,952. Uji statistic yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapatkan perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan dan sikap remaja sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui media audio visual (video animasi) tentang bahaya rokok. Pada skor pengetahuan yaitu p value = 0,000 (p < 0,05) dan sikap remaja yaitu p value = 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan: Media audio visual (video animasi) mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap para remaja, sehingga pengetahuan dan sikap menjadi lebih baik. Saran: Diharapkan pendidikan kesehatan melalui media audio visual tentang bahaya rokok bukan hanya diberikan bagi para remaja saja, namun juga pada anakanak serta orang tua di seluruh Indonesia,serta dilaksanakan secara massif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:52
Last Modified: 21 Jun 2024 02:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item