HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGHASILAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SETELAH DILAKUKAN EDUKASI SENAM KAKI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS PASAR REBO

Unhanisyah, Alfina (2023) HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGHASILAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SETELAH DILAKUKAN EDUKASI SENAM KAKI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS PASAR REBO. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus di Indonesia sebesar 0,2% mengalami peningkatan sebesar 0,5%. Diabetes melitus ditandai dengan kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin. Pendidikan merupakan sarana atau jembatan untuk manusia agar dapat mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang di dapat. Penghasian suatu hasil yang diperoleh pribadi atau perusahaan yang berhubungan dengan suatu kegiatan bisnis atau pekerjaan. Penghasilan bisa berbentuk uang atau aset yang didapatkan pribadi ataupun perusahaan. Senam kaki diabetes merupakan gerakan yang menjadi latihan terapi non farmakologis untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. Edukasi senam kaki adalah memberikan informasi dengan tujuan untuk memperjelas pesan dan memperluas jangkauan pesan, sehingga mampu untuk menambah pengetahuan. Tingkat pengetahuan menjadi faktor pencegahan terjadinya perburukan diabetes melitus Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan edukasi senam kaki terhadap tingkat pengetahuan pasien DM tipe 2 di Puskesmas Pasar Rebo Metodologi: Penelitian menggunakan metode analitik korelatif dengan rancangan Cross Sectional Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner pengetahuan tentang DM dan senam kaki. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai Cronbach alpha 0,883. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden terdapat hubungan yang signifikan pada hubungan pendidikan dengan tingkat pengetahuan (P value 0,017) dan hubungan penghasilan dengan tingkat pengetahuan (P value 0,011). Kesimpulan: Edukasi senam kaki diabetes sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan pasien DM untuk pencegahan terjadinya komplikasi DM. Saran: Diharapkan senam kaki diabetes dapat dioptimalkan sehingga bisa mengurangi risiko perburukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:32
Last Modified: 20 Jun 2024 02:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item