PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA LEAFLET TENTANG DIET DM TERHADAP PENGETAHUAN DAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DM DI WILAYAH KELURAHAN PABUARAN MEKAR PROVINSI JAWA BARAT

Rahmawati, Alya (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA LEAFLET TENTANG DIET DM TERHADAP PENGETAHUAN DAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DM DI WILAYAH KELURAHAN PABUARAN MEKAR PROVINSI JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendahuluan: Di Indonesia, Prevalensi diabetes yang didiagnosis dokter pada populasi berusia 15 tahun telah meningkat sebesar 2%. Angka-angka ini menunjukkan bahwa prevalensi diabetes pada populasi di atas usia 15 tahun telah meningkat sejak 2013. Salah satu upaya promotif adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan pada masyarakat mengenai diabetes. Pendidikan kesehatan melalui leaflet menjadi salah satu tindakan untuk mengukur penurunan gula darah pada pasien DM. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media leaflet tentang diet dm terhadap pengetahuan dan kadar gula darah pada pasien DM di wilayah Kelurahan Pabuaran Mekar Provinsi Jawa Barat Metode Penelitian: Desain penelitian quasi experiment dengan one group pre test and post test design without control group. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian terdiri dari kuesioner pengetahuan diet dm dan glukometer. Data di analisis menggunakan wilcoxon untuk mengetahui pengaruh leaflet terhadap pengetahuan dan untuk kadar gula darah karena tidak berdistribusi normal. Hasil: Hasil uji wilcoxon pengetahuan tentang diet dm dan kadar gula darah dengan nilai p 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Adanya pengaruh pendidikan kesehatan melalui media leaflet tentang diet dm terhadap pengetahuan dan kadar gula darah di wilayah Kelurahan Pabuaran Mekar Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:32
Last Modified: 13 Jun 2024 07:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item