PERANAN INSTAGRAM @MENJADIMANUSIA.ID DALAM MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI REMAJA (FOLLOWERS)

Martha, Siti Aliffia (2023) PERANAN INSTAGRAM @MENJADIMANUSIA.ID DALAM MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI REMAJA (FOLLOWERS). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (477kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Remaja merupakan sosok yang sedang berada dalam fase emosi yang tidak stabil atau memiliki perasaan yang dapat berubah tergantung atas pemaknaan yang mereka berikan terkait suatu hal yang dilihat, didengar dan dibacanya. Media sosial Instagram menjadi salah satu wadah dalam membangun rasa percaya diri remaja seperti Instagram @menjadimanusia.id yang memberikan motivasi dengan kalimat menenangkan yang dikemas sangat baik untuk para followers @menjadimanusia.id. Hal ini terlihat dari komentar – komentar hingga interaksi yang terjadi di dalam Instagram @menjadimanusia.id. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peranan Instagram @menjadimanusia.id dalam membangun rasa percaya diri remaja khususnya remaja yang mengikuti Instagram @menjadimanusia.id. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi simbolik untuk menganalisis hasil temuan di dalam penelitian ini. Melalui pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen, maka hasil dari penelitian ini yaitu Esensi pengalaman informan atas peranan instagram @menjadimanusia.id dalam membangun rasa percaya diri yaitu menampilkan diri informan menjadi lebih percaya diri atas kemampuan yang dimiliki sehingga dapat jauh lebih bisa untuk berpikiran positif sehingga dapat beradaptasi di dalam lingkungan masyarakat dan mengatasi segala persoalan dengan baik. Hal ini terlihat dari bagaimana diri, pikiran, dan tindakan di dalam masyarakat yang terjadi di dalam diri informan yang berawal dari ketertarikan informan terhadap fitur feeds, instastory, dan reels yang memiliki kalimat menarik sehingga menimbulkan emosi dan perasaan informan dalam melakukan setiap sikap, perilaku hingga tindakannya. Kata Kunci : Instagram, Rasa Percaya Diri, Teori Interaksi Simbolik, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:13
Last Modified: 13 Jun 2024 06:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item View Item