Irwansyah, Muhamad (2024) MODEL PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ALTERNATIF KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN PASAR REBO BAGI ANAK PUTUS SEKOLAH DI KAMPUNG TENGAH JAKARTA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover_-_Irwan[1].pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I_-_Irwan[1].pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB_II_-_Irwan[1].pdf Download (837kB) |
|
Text
BAB_III_-_Irwan[1].pdf Download (586kB) |
|
Text
BAB_IV_-_Irwan[1].pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_V_Irwan[1].pdf Download (455kB) |
|
Text
Lampiran_-_Irwan[1].pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai “Model Pemberdayaan Pendidikan Alternatif Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo Bagi Anak Putus Sekolah di Kampung Tengah Jakarta Timur”. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Faktor internal dan eksternal penyebab anak putus sekolah, di Kampung Tengah, Jakarta Timur. Model pemberdayaan pendidikan alternatif yang diberikan oleh Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo bagi anak putus sekolah di Kampung Tengah Jakarta Timur, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yaitu teknik Purposive Sampling. Adapun penelitian ini menggunakan analisis Teori Fungsionalisme Struktural, khususnya konsep AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parsons dan Teori Tindakan Sosial oleh Max Weber dalam menganalisa faktor internal dan eksternal penyebab anak putus sekolah dan model pemberdayaan pendidikan alternatif Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor internal penyebab anak putus sekolah adalah keinginan dari anak yang ingin membantu orang tua bekerja karena tidak memiliki kegiatan, faktor eksternal adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak yang sedang menempuh proses pendidikan. Terdapat lima (5) Model pemberdayaan pendidikan alternatif yang dilakukan oleh Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo, yaitu : 1) Model History terbentuknya tenaga pengajar, 2) Model Pengumpulan buku untuk materi bahan ajar, 3) Model pengumpulan peserta didik, 4) Model Pengklasifikasian peserta didik, 5) Model Pembelajaran pendidikan alternatif. Faktor pendukung dalam kegiatan pendidikan alternatif adalah motivasi, komitmen dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat dalam kegiatan pendidikan alternatif adalah waktu pengadaan kegiatan, tidak konsistennya beberapa tenaga pengajar dan kurangnya minat belajar beberapa peserta didik. Berdasakan temuan dilapangan diketahui bahwa terdapat faktor internal dan eksternal penyebab anak putus sekolah, lima (5) model pemberdayaan pendidikan alternatif, dan faktor pendukung dan penghambat yang dialami Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo dalam melaksanakan kegiatan pendidikan alternatif di Kampung tengah, Jakarta Timur. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Alternatif, Komunitas Perpustakaan Jalanan Pasar Rebo, Anak Putus Sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Miss Yulia Zahra Yamini |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 08:36 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11084 |
Actions (login required)
View Item |