STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus di Sayuran Pagi, Kecamatan Beji, Kota Depok) HYDROPONIC VEGETABLE AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY (Case Study in Sayuran Pagi, Beji District, Depok City)

Rahayu, Suci Putri (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus di Sayuran Pagi, Kecamatan Beji, Kota Depok) HYDROPONIC VEGETABLE AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY (Case Study in Sayuran Pagi, Beji District, Depok City). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan serta menganalisis strategi pengembangan yang efektif pada agribisnis sayuran hidroponik di Sayuran Pagi. Penelitian berlokasi di Sayuran pagi, Kecamatan Beji, Kota Depok pada bulan Desember 2022 sampai Mei 2023. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi perjalanan bisnis perusahaan ini. Berdasarkan analisis IFE dan EFE yang telah dilakukan terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan pada agribisnis sayuran hidroponik di Sayuran Pagi. Sisi internal kekuatan utama Sayuran Pagi adalah faktor harga yang stabil dengan nilai skor 0,4. Sedangkan kelemahan Sayuran Pagi adalah belum ada inovasi produk olahan dengan nilai skor 0,21. Sisi eksternal faktor peluang terbesar bagi Sayuran Pagi adalah perkembangan teknologi dan informasi yaitu 0,46. Sedangkan faktor ancamannya adalah faktor keseragaman produksi antar mitra belum optimal dengan nilai skor 0,23. Alternatif strategi pengembangan berdasarkan analisis matriks QSPM yang efektif dilakukan oleh Sayuran Pagi adalah strategi SO yaitu mempertahankan kualitas produk dan mutu pelayanan. Sayuran Pagi sebaiknya mempertahankan kualitas produk dan mutu pelayanan untuk mempertahankan pasar yang sudah ada. Terkait kelemahan yang utama Sayuran Pagi sebaiknya memformulasikan strategi pengembangan perusahaan dengan melakukan pengembangan produk olahan sayur hidroponik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 07:48
Last Modified: 22 May 2024 07:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item