PERBANDINGAN EFEKTIVITAS AROMATERAPI PAPPERMINT DAN LEMON TERHADAP PENGURANGAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS PANCORAN JAKARTA SELATAN 2024

ANWAR, LIES DEWI FORTUNA (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS AROMATERAPI PAPPERMINT DAN LEMON TERHADAP PENGURANGAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS PANCORAN JAKARTA SELATAN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mual (nusea) dan muntah (emesis gravidarum) adalah gejala awal dan sering kedapatan pada kehamilan trimester I. Gejala ini umumnya berlangsung selama sekitar 10 minggu. Rasa mual pada awal kehamilan ini dapat dikurangi dengan menggunakan aromaterapi pappermint dan lemon yang dikenal efektif dalam menurunkan intensitas mual dan muntah selama kehamilan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui Perbandingan Efektivitas Aromaterapi Pappermint dan Lemon Terhadap Pengurangan Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester 1 Di Puskesmas Pancoran Jakarta Selatan 2024. Metodologi: Jenis penelitian menggunakan quasy eksperiment dengan Desain two group pretest post test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data analisis menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil Penelitian: Ada pengaruh yang signifikan antara Sebelum dan sesudah diberikan aromatherapi pappermint dan aromaterapi lemon terhadap upaya penurunan rasa mual muntah pada ibu hamil trimester 1 di Puskesmas Pancoran 2024. Diperoleh nilai mean pada aromaterapi pappermint 6,2500 sedangkan nilai mean pada aromaterapi lemon 4,9500 selisih mean pada kedua aromaterapi tersebut sebesar 1,30000. Hasil correlation pretest dan posttest aromaterapi pappermint 0,580 (cukup kuat) sedangkan pretest dan posttest aromaterapi lemon hasil correlation 0,847 (sangat kuat). Kesimpulan: Dapat disimpulkan dari penurunan nilai mean dan peningkatan nilai correlation bahwa aromaterapi yang paling efektif terhadap upayah penurunan rasa mual muntah pada ibu hamil trimester 1 adalah aromaterapi lemon. Saran: Diharapkan penelitian ini dapat diterapkan pada ibu hamil yang memiliki keluahan mual muntah pada trimester 1.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 01:47
Last Modified: 20 May 2024 01:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10994

Actions (login required)

View Item View Item