PENGARUH SENSORY PLAY FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI PAUD USWATUN HASANAH KABUPATEN BOGOR

Nirwana, Intan Reni (2024) PENGARUH SENSORY PLAY FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI PAUD USWATUN HASANAH KABUPATEN BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : UNICEF pada tahun 2019 menyebutkan bahwa gangguan pertumbuhan dan perkembangan masih tinggi, termasuk gangguan motorik yang ditemukan yaitu sebanyak 27,5 % atau sebanyak 3 juta anak. Gangguan perkembangan motorik termasuk pada motorik halus anak dapat terjadi akibat kurangnya stimulasi yang didapatkan oleh anak sedari dini. Stimulasi seharusnya dapat menjadi suatu latihan serta pengalaman yang dilakukan sehari-hari oleh anak, dengan latihan tersebut maka dapat meningkatkan keterampilan motorik halus secara bertahap. Tujuan : Untuk mengetahui rata-rata nilai dan pengaruh pelaksanaan sensory play finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah Metodelogi : Penelitian quasi experiment ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 38 anak prasekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yaitu pelaksanaan sensory play finger painting selama 6 hari, kemudian dilakukan pengecekan sebelum dan sesudah pelaksanaan intervensi menggunakan kuesioner pra sekrining perkembangan. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata sebelum dan sesudah pelaksanaan sensory play finger painting selama 6 hari di PAUD Uswatun Hasanah dengan p-value <0,05. Kesimpulan dan Saran : Stimulasi untuk anak prasekolah sangat diperlukan, karena jika anak kurang mendapatkan stimulasi yang sesuai dengan usianya maka akan berdampak pada aktivitas sehari-hari. Salah satu stimulasi yang dapat diberikan yaitu sensory play finger painting sebagai metode pembelajaran anak dengan cara bermain. Kata kunci : Motorik halus, finger painting, stimulasi Kepustakaan : 34 Pustaka

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:44
Last Modified: 29 Apr 2024 02:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item