PENGARUH AROMATERAPI PEPPERMINT TERHADAP KEJADIAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER 1 DI PUSKESMAS BOJONG NANGKA KECAMATAN KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG

Diandini, Arin (2024) PENGARUH AROMATERAPI PEPPERMINT TERHADAP KEJADIAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER 1 DI PUSKESMAS BOJONG NANGKA KECAMATAN KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Mual dan muntah merupakan gejala yang sering terjadi pada kehamilan trimester pertama. Mual dan muntah terjadi pada ibu hamil primigravida 60-80% dan pada multigravida 40-60%. Hasil survey didapatkan dari 35 ibu hamil, yang mengalami mual muntah pada primigravida maupun multigravida sebanyak 23 ibu hamil, yang dilakukan rujukan hyperemesis gravidarum sebanyak 2 ibu hamil. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aromaterapi peppermint dengan kejadian mual muntah pada ibu hamil trimester I di Puskesmas Bojong Nangka. Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest and Posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik total sampling sebanyak 21 ibu hamil trimester I. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Rhodes INVR yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan Cronbach Alpha nilainya 0,912-0,968. Data dianalisis menggunakan uji Paired T-Test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor mual muntah sebelum diberikan aromaterapi peppermint adalah 9,33 yang berarti ibu hamil mengalami mual muntah tingkat sedang. Dan rata-rata skor mual muntah setelah diberikan aromaterapi peppermint adalah 6,43 yang berarti ibu hamil mengalami mual muntah tingkat ringan. Hasil uji Paired T-Test diperoleh p-value 0,000. Kesimpulan dan Saran: Ada pengaruh aromaterapi peppermint terhadap kejadian mual muntah pada ibu hamil trimester 1 di Puskesmas Bojong Nangka. Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah dianjurkan menggunakan aromaterapi peppermint sehingga dapat mengurangi penggunaan terapi farmakologis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:04
Last Modified: 24 Apr 2024 03:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item