STRATEGI PENGEMIS ONLINE DALAM MENDAPATKAN DUKUNGAN PADA APLIKASI TIKTOK

Zahra, Fatimah Al (2024) STRATEGI PENGEMIS ONLINE DALAM MENDAPATKAN DUKUNGAN PADA APLIKASI TIKTOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (642kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (762kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (343kB)

Abstract

Aplikasi tiktok digunakan untuk kegiatan mengemis yang mengeksploitasi kelompok rentan untuk membujuk opini masyarakat. Para pengemis ini akan menampilkan strategi untuk membujuk masyarakat agar mendapatkan uang atau keuntungan bagi dirinya. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk kepentingan dalam pembelajaran serta dapat menjadi suatu referensi yang berkaitan dengan simbol-simbol. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika. Pada penelitian ini terdapat dua klasifikasi pengemis, yaitu pengemis yang menggunakan talent dan yang tidak menggunakan talent. Pengemis yang tidak menggunakan talent terdapat satu akun yang tidak mendapatkan komentar abuse yakni akun Henzyxyz. Sementara yang mendapatkan komentar negatif paling tinggi yaitu Sultan Akhyar. Untuk pengemis online yang tidak menggunakan talent, peneliti melakukan elaborasi yakni dengan mengambil dua sample pengemis online yang berasal dari luar negeri dan tiga sample lainnya dari Indonesia. Meskipun mendapatkan komentar negatif pengemis tersebut tetap mendapatkan hadiah dari penonton. Interaksi yang tercipta dari pengemis online tersebut merupakan interaksi yang dinamis dan tentu hal tersebut berbeda dengan pengemis pada umumnya. Para pengemis memanfaatkan platform media sosial untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan audiens mereka. para pengemis secara aktif menggunakan interaksi sosial dan komunikasi untuk mempengaruhi perilaku audiens mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:02
Last Modified: 01 Apr 2024 08:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item