FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BABY BLUES SYNDROME PADA IBU PASCA MELAHIRKAN DI KLINIK PRATAMA GRIYA HUSADA BEKASI UTARA

WAHYUNI, SERI (2024) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BABY BLUES SYNDROME PADA IBU PASCA MELAHIRKAN DI KLINIK PRATAMA GRIYA HUSADA BEKASI UTARA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Postpartum blues, juga dikenal sebagai maternity blues atau baby blues, merupakan sindrom gangguan ringan yang umumnya terjadi dalam seminggu pertama setelah persalinan, mencapai puncak pada hari ke tiga hingga kelima. Faktor seperti perubahan hormonal, tingkat stres tinggi, dan dukungan sosial yang kurang dapat mempengaruhi terjadinya baby blues. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan di Klinik Pratama Griya Husada Kota Bekasi Utara. Metodologi : Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan responden sejumlah 98 ibu pasca melahirkan di Klinik Pratama Griya Husada. Data diperoleh melalui wawancara dan analisis statistik. Hasil Penelitian : Mayoritas responden (60.2%) mengalami baby blues, dengan dukungan suami, keluarga, dan dukungan sosial yang rendah. Terdapat hubungan signifikan antara faktor dukungan suami, keluarga, dan dukungan sosial dengan kejadian baby blues syndrome (P-value = 0,000). Kesimpulan : Dukungan sosial, suami, dan keluarga memiliki peran penting dalam mencegah baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan di Klinik Pratama Griya Husada Bekasi Utara. Saran: Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pihak kesehatan untuk meningkatkan edukasi tentang baby blues syndrome. Selain itu, diharapkan dapat menjadi bahan ajar di institusi pendidikan dan memberikan wawasan bagi peneliti dalam memahami faktor yang berkaitan dengan kejadian baby blues syndrome.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:52
Last Modified: 28 Mar 2024 04:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10678

Actions (login required)

View Item View Item