STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM BLENDED LEARNING (Studi Pada Mata Kuliah Manajemen Komunikasi Strategis Universitas Nasional)

Putra, Muhammad Rayhan (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM BLENDED LEARNING (Studi Pada Mata Kuliah Manajemen Komunikasi Strategis Universitas Nasional). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Nasional yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dosen dalam pengajaran blended learning pada mata kuliah Manajemen Komunikasi Strategis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan dikenal sebagai POAC; yaitu: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan) dan controlling (pengendalian). Pada planning (perencanaan) dilakukan dengan menyiapkan RPS dan materi perkuliahan. Organizing (pengorganisasian) dilakukan dengan mengkaji ulang materi dan penyamaan persepsi antar dosen mengenai materi yang akan disampaikan pada kelas yang berbeda. Pada actuating (penggerakan) dilakukan dengan metode yang diterapkan oleh dosen saat mengajar seperti: menggunakan metode diskusi, tanya-jawab, kuis, pemberian tugas menganalisis kasus, presentasi kelompok, dan pengulangan materi disaat mahasiswa belum memahami mengenai apa yang disampaikan. Pada controlling (pengawasan) dilakukan dengan pembuatan kontrak belajar antara dosen dan mahasiswa, pemberian materi saat online yang tepat waktu dan tugas-tugas juga merupakan kontrol yang dilakukan oleh dosen. Dalam pembelajaran blended learning juga membutuhkan kombinasi terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator (dosen), pesan (materi perkuliahan), saluran atau media (blended learning), komunikan (mahasiswa), dan efek. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Blended Learning

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:46
Last Modified: 01 Apr 2024 06:20
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item