ANALISA PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS APLIKASI SHOPEE DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION ( SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM SHOPEE INDONESIA)

Difa, Baldhan (2024) ANALISA PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS APLIKASI SHOPEE DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION ( SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM SHOPEE INDONESIA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce di Indonesia yang mendukung model bisnis marketplace. Shopee menghadapi tantangan besar untuk bersaing dengan sejumlah besar e-commerce lainnya karena termasuk salah satu marketplace yang meramaikan segmen mobile. Untuk memenangkan persaingan, Penyelenggara marketplace harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen untuk memenangkan persaingan dikarenakan pertumbuhan e-commerce yang cepat dan beragam menghasilkan persaingan yang semakin ketat. Sebuah layanan dapat dikatakan berhasil memberikan kepuasan jika dapat memenuhi kebutuhan penggunanya, serta kepuasan pengguna sendiri dapat diartikan sebagai suatu hal yang penting bagi setiap penyedia layanan. Kepuasan pengguna terhadap layanan dapat digunakan untuk mengidentifikasi sisi baik dan buruk dari layanan yang dapat diimplementasikan sehingga kebutuhan pengguna dapat dipenuhi. Dalam penelitian ini digunakan metode End User Computer Satisfaction (EUCS), metode EUCS terdapat 5 variabel yang bisa digunakan dalam proses analisis, yaitu variabel Content, Accuracy, Format, Ease of Use , dan Timeliness. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada followers instagram @shopee_id, dari penyebaran kuesioner di ambil 385 data sebagai sampel untuk mengukur kepuasan pengguna marketplace Shopee. Hasil presentasi kepuasan pengguna marketplace Shopee pada semua variabel dinyatakan memiliki interpretasi data yang sangat memuaskan dikarenakan nilai presentasi diatas 81%. Kata Kunci : Aplikasi shopee, EUCS, Kepuasan pengguna, Instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:13
Last Modified: 26 Mar 2024 07:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10545

Actions (login required)

View Item View Item