PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA JAKARTA PUSAT SEBAGAI TEKNISI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI STUNTING DI JAKARTA PUSAT TAHUN 2023

Ismail, Alya Pravita (2024) PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA JAKARTA PUSAT SEBAGAI TEKNISI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI STUNTING DI JAKARTA PUSAT TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (531kB)

Abstract

Sebagai sebuah instansi pemerintahan atau badan publik Pemerintah Kota Jakarta Pusat memiliki kewajiban memberikan informasi secara terbuka dan transparan kepada publik atau masyarakat.Peran Humas yakni menjadikan pemerintah sebagai pendengar suara dari masyarakat dan membuat suara pemerintah didengar oleh masyarakat melalui penyiaran kegiatan pemerintah melalui berbagai media komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas pemerintah sebagai sarana komunikasi public dalam sosialisasi stunting 2023. Penelitian ini didukung dengan teori PR Excellence oleh Gruning dan Hunt. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah Humas Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah melaksanakan peran Fasilitator Komunikasi (Communication Facilitator) dan Teknisi Komunikasi (Communication Techinician). Peran Penasehat Ahli (Expert Prescriber) tidak termasuk peran karena Humas Pemerintah Kota Jakarta Pusat bukan merupakan lembaga yang berdiri sendiri melainkan ada dibawah naungan dan bertanggung jawab kepada Walikota Jakarta Pusat. Dan peran sebagai problem solving juga tidak diterapkan karena Humas Pemerintah Kota Jakarta Pusat selama pelaksanaan program stunting di Jakarta Pusat tahun 2023 tidak mengalami masalah komunikasi, sehingga mediasi dan press release yang merupakan indikator dari peran ini tidak dapat ditemukan pada pelaksanaannya. Berdasarkan teori PR Excellence, Humas Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggunakan model komunikasi Press Agentry dan Public Information, namun lebih didominasi oleh model Public Information.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:26
Last Modified: 26 Mar 2024 06:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item