AKTUALISASI DIRI PADA TOKOH KAWAI MAI DALAM ANIME HAKOZUME KARYA SUTRADARA YUZO SATO

Ahmad, Irzan (2024) AKTUALISASI DIRI PADA TOKOH KAWAI MAI DALAM ANIME HAKOZUME KARYA SUTRADARA YUZO SATO. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_LAMPIRAN.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini membahas karakteristik tokoh Kawai Mai dan upaya pencapaian aktualisasi dirinya dalam anime Hakozume karya sutradara Yuzo Sato yang diadaptasikan dari manga berjudul sama karya Miko Yasu. Penelitian ini menggunakan teori kepribadian Abraham Maslow dan menggunakan metode analisis deskriptif menurut Kutha Ratna. Anime Hakozume menceritakan tentang tokoh Kawai Mai, seorang polisi wanita yang memiliki karakteristik seorang yang bisa mengaktualisasi diri, seperti tekun, ramah, menerima kekurangan yang terdapat pada dirinya, spontan dalam mengekspresikan kegembiraan dan kekaguman, memperhatikan tugas atau pekerjaan dan bersikap tegas, serta gemeinschaftsgefuhl, yaitu memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Kawai Mai mempunyai keahlian mengambar, dia mampu mendeskripsikan seseorang melalui sketsa wajah. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa Kawai Mai dapat mencapai aktualisasi diri karena kebutuhan kognitifnya terpenuhi dan juga kebutuhan konatifnya dengan terpenuhinya lima tahapan hierarki kebutuhan. Kawai Mai dapat menjadi polisi yang kreatif dan mandiri secara finansial. Kata Kunci: Hakozume, Abraham Maslow, Kognitif, Hierarki Kebutuhan, Aktualisasi Diri

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:32
Last Modified: 26 Mar 2024 05:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item