MEDIA RELATIONS TENTANG DAYA TARIK TAMAN MARGASATWA RAGUNAN (Studi Pada Humas Taman Margasatwa Ragunan dan Berita Pada Media Online Tempo.co)

Rahmannita, Rahmannita (2024) MEDIA RELATIONS TENTANG DAYA TARIK TAMAN MARGASATWA RAGUNAN (Studi Pada Humas Taman Margasatwa Ragunan dan Berita Pada Media Online Tempo.co). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi media relations yang dilakukan Humas Taman Margasatwa Ragunan melalui berita yang disajikan Tempo.co mengenai daya tarik Taman Margasatwa Ragunan. Dengan menggunakan teori Media Relations menurut Frank Jefkins (Soemirat, Elvinaro) terdiri atas tahap by serving the media (pelayanan kepada media), by establishing a reputation for reliability (menegakan reputasi perusahaan agar tetap dipercaya), by supplying good copy (menyuplai naskah informasi yang baik), by cooperation in providing material (kerjasama dalam menyediakan bahan informasi), by providing verification facilities (menyediakan fasilitas), dan by building personal relationship with the media (membangun hubungan personal dengan media). Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eskplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa By serving the media humas telah menerapkan pelayanan yang baik kepada media dengan memberikan press release pada wartawan tempo.co sehingga media tempo.co mempublikasikan hasilnya sesuai dengan press release dari humas tentang daya tarik Ragunan. By establishing a reputation for reliability, humas memberikan informasi yang sudah terverifikasi keakuratannya kepada awak media sehingga apa yang disajikan oleh tempo.co memiliki berita yang sesuai dengan apa yang terjadi hal ini juga dapat menarik daya tarik wisatawan untuk berkunjung. By supplying good copy, menyediakan salinan yang baik untuk para awak media. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah awak media dalam membuat berita untuk disebarluaskan mengenai daya tarik Ragunan. By cooperation in providing material, humas menyediakan materi dan menginformasikannya kepada media, sehingga media mengambil materi tersebut dan akan dijadikan bahan dalam pembuatan berita mengenai daya tarik yang ada di Ragunan. By providing verification facilities, humas sudah memberikan sarana fasilitas yang dapat digunakan dan didapatkan oleh wartawan atau awak media berupa ruangan press room dan konsumsi hal ini membuat pers merasa dihargai dan lebih terjalin hubungan baik dengan humas hal ini dapat mempengaruhi pada penyajian berita mengenai daya tarik Ragunan yang dipublikasikan oleh tempo.co. By building personal relationship with the media, humas menjalin hubungan baik secara personal dengan mengajak wartawan mengobrol tentang daya tarik Ragunan yang bisa dipublikasikan di tempo.co. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi media relations yang dilakukan Humas Taman Margasatwa Ragunan sudah selaras dengan perspektif Jefkins dalam teori media Relations. Dimana dengan hubungan yang terjalin baik dan harmonis ini menyebabkan pemberitaan yang positif di media online Tempo.co, tentang daya tarik Ragunan bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:43
Last Modified: 25 Mar 2024 07:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item