UPAYA PERUSAHAAN E-COMMERCE DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MELALUI AKTIVITAS EMPLOYER BRANDING DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada PT. Global Digital Niaga, Tbk. (Blibli))

Jalasena, Sabrina Putrinda (2024) UPAYA PERUSAHAAN E-COMMERCE DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MELALUI AKTIVITAS EMPLOYER BRANDING DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada PT. Global Digital Niaga, Tbk. (Blibli)). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (35MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (546kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (54MB)

Abstract

Setiap perusahaan selalu ingin menunjukkan perbedaan yang dimiliki, terutama pada perusahaan e-commerce. Sertifikasi “A Great Place To Work” menjadi sebuah label yang menyatakan bahwa sebuah perusahaan berhasil dalam membentuk citra yang mengantarkannya sebagai upaya diferensiasi di industri yang kompetitif seperti saat ini. Kemampuan untuk mempromosikan kepada para audiens melalui media dan strategi yang tepat. Sebagaimana yang dilakukan oleh PT. Global Digital Niaga, Tbk. melalui pemanfaatan media sosial dilakukan untuk dapat membangun citra-nya. Pembentukan akun @lifeatblibli di berbagai platform media sosial mengantarkan Blibli sebagai sebuah perusahaan yang memiliki brand image positif melalui employee treatment yang ditampilkan melalui postingan foto maupun video dalam akun tersebut. Dengan demikian, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya yang dilakukan perusahaan e-commerce yaitu, Blibli dalam mempertahankan eksistensi melalui aktivitas employer branding di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan pengamatan kepada pihak Blibli. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas employer branding yang dilakukan oleh mengacu pada core value perusahaan visi, misi, dan juga personalitas dari Blibli. Pelaksanaan kegiatan employer branding berlangsung melalui strategi penerapan employee value proposition (EVP), internal marketing, dan juga external marketing. Pengemasan konten dilakukan melalui akun @lifeatblibli yang dilakukan dengan melakukan kolaborasi antar departemen. Aktivitas dan peemutakhiran konten bukan hanya sekadar untuk membentuk ketertarikan dan menjaga para talenta terbaik, namun juga menjadi sebuah upaya dan menampilkan image Blibli di mata para publik eksternal maupun internal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:32
Last Modified: 25 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item