HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA JAKARTA TIMUR TAHUN 2023

Abdiyansyah, Nur (2024) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA JAKARTA TIMUR TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (933kB)

Abstract

Latar Belakang: Kinerja perawat yang baik merupakan jembatan dalam menjawab jaminan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap pasien, adanya gaya kepemimpinan yang sesuai maka perawat pelaksana akan lebih semangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta harapan terpenuhinya kebutuhan. Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Jakarta Timur tahun 2022 pencapaian kinerja perawat hanya mencapai 68%, kekurangannya ditemukan kurang lengkap dalam asessmen keperawatan. Tujuan: Mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Jakarta Timur tahun 2023. Metodologi: Penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pelanggan wanita sebanyak 71 perawat dengan teknik simple random sampling. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian univariat sebagian besar gaya kepemimpinan kepala ruangan demokratis 80,3% dan kinerja perawat pelaksana baik 77,5%. Hasil penelitian bivariat ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana dengan p value 0,000. Simpulan dan Saran: ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana. Kepala ruangan diharapkan agar dapat melakukan evaluasi kinerja yang lebih detail dari sebelumnya guna memantau kinerja perawat untuk meminimalisir pekerjaan yang tidak terselesaikan atau komplain dari pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:06
Last Modified: 25 Mar 2024 04:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item View Item