FENOMENA PHUBBING SEBAGAI DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA INTERAKSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL

KUSUMA, MUHAMMAD DHANI (2024) FENOMENA PHUBBING SEBAGAI DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA INTERAKSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan smartphone oleh mahasiswa dalam situasi sosial telah memberikan dampak signifikan terhadap aspek komunikasi interpersonal. Penggunaan smartphone dalam situasi sosial dimana individu lebih tertarik dengan smartphone daripada dengan lingkungan sekitarnya disebut dengan phubbing. Peneliti mencoba untuk menggali informasi dan memahami mengenai fenomena phubbing pada interaksi komunikasi interpersonal di kalangan mahasiwa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Nasional yang terdiri dari 3 orang phubber dan 3 orang phubbe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa phubbing terbentuk karena mahasiswa mengalami risiko nomophobia karena ketergantungan smartphone, kurang aktif dalam berkomunikasi secara langsung, merasa nyaman menggunakan smartphone daripada berinteraksi langsung, dan mengalami FOMO (Fear of Missing Out) terhadap informasi dalam media sosial. Sebagian besar mahasiswa melakukan phubbing karena merasa bosan. Selain itu, terdapat mahasiswa yang melakukan phubbing karena terdapat notifikasi dalam smartphone dan kecanduan terhadap smartphone. Hal ini membuat aspek komunikasi interpersonal, seperti empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan menurun, sehingga terjadi kesalahpahaman dalam interaksi yang membuat sebagian besar mahasiswa merasa kurang akrab dengan temannya. Meskipun perilaku yang negatif, mahasiswa yang menerima perilaku phubbing dapat memakluminya. Di sisi lain, terdapat mahasiswa yang menganggap bahwa phubbing dapat membantu menemukan topik pembicaraan baru, sehingga interaksi dapat berlanjut. Kata kunci: Phubbing, smartphone, komunikasi interpersonal, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:08
Last Modified: 25 Mar 2024 03:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item