Analisis Framing Pemberitaan Media Online Detik.com dan Kompas.com Mengenai Penutupan Tiktok Shop

UTAMI, INTAN RIZKI (2024) Analisis Framing Pemberitaan Media Online Detik.com dan Kompas.com Mengenai Penutupan Tiktok Shop. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (582kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (806kB)

Abstract

Pemberitaan penutupan Layanan Tiktok Shop oleh Pemerintah, karena melanggar peraturan perdagangan. Karena TikTok Shop hanyalah sebagai media sosial, bukan sebagai e- Commerce dan tidak memiliki izin untuk melakuka transaksi secara online melalui plaform. Penutupan TikTok Shop ini menimbulkan beberapa pro kontra dari para pedagang atau pihak lain. Pada penelitian ini mengguankan teori konstruksi sosial atas realitas dengan menggunakan konsep analisis framing, model Robert N. Entman. Analisi framing dipakai untuk melihat bagaimana suatu peristiwa dipahami dan dibingkai oleh sebuah media. Terdapat dua esensi utama dari framing yaitu bagaimana peristiwa dimaknai, yang berhubungan antara berita yang diliput dan yang tidak diliput dan bagaimana fakta itu di tulis. Dalam model Robert N. Entman terdapat 4 elemen perangkat framing, yaitu define problems, diagnose cause, make moral judgement dan treatment recommnendation. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan konsep analisis framing model Robert N. Entamnt yang digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas oleh media peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif . Penelitian ini mengacu pada paradigma kontruktivis yang artinya bahwa fakta atau realistis bukan sesuatu yang sudah ada lalu diambil dan dijadikan bahan suatu berita. Pada penelitian ini, peneliti menemukan perbedaan yang menonjol dalam proses pengemasan berita terkait isu penutupan TikTok Shop. Dapat dilihat dari cara masing-masing media mengemas judul dan isi berita, pada Detik.com mengemas judul cenderung mengandung unsur bombastis supaya pembaca tertarik untuk membaca, dan isi berita lebih pro terhadap pedagang offline, dengan hanya menutup Tiktok Shop saja tanpa menutup e-Commerce lain. Sedangkan Kompas.com membuat judul dengan menggunakan kata atau kalimat langsung dan isi berita lebih pro terhadap pedagang online. Kata Kunci: Framing, TikTok Shop , Penutupan TikTok Shop, Detik.com, Kompas.com

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:32
Last Modified: 22 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item