PENGARUH EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SEKSUAL PRANIKAH DI SMP N 1 DENTE TELADAS TULANG BAWANG LAMPUNG

Susanti, Amelia Heni (2024) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SEKSUAL PRANIKAH DI SMP N 1 DENTE TELADAS TULANG BAWANG LAMPUNG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Seks pranikah adalah kontak yang dilakukan berpasangan dengan lawan jenis atau sesama jenis contohnya pegangan tangan, cium bibir, cium pipi, petting, dan berhubugan intim, yang dilakukan tanpa ikatan nikah yang sah menurut agama dan undang-undang pernikahan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang seksual pranikah pada siswa SMP. Metodologi: Penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa yang terdiri dari 49 kelompok eksperimen dan 49 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji wilxocon. Hasil Penelitian: Dari penelitian diperoleh hasil Diketahui rata-rata pengetahuan remaja sebelum diberikan edukasi pada kelompok intervensi adalah 5.9 sesudah diberikan edukasi adalah 10.7, pada kelompok kontrol adalah sebelum 6.1 dan sesudah 7.3. rata-rata sikap remaja sebelum diberikan edukasi pada kelompok intervensi adalah 23,8 dan sesudah diberikan edukasi 37,5. pada kelompok kontrol adalah 23.9 dan sesudah diberikan pada kelompok kontrol adalah 26,8. Ada pengaruh pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah diberikan dengan yang tidak diberikan media video edukasi kesehatan reproduksi remaja terhadap pengetahuan dan sikap tentang seksual pranikah di SMP N 1 Dente Teladas Tulang Bawang Lampung (p-value = 0.000). Ada perbedaan pengetahuan baik kelompok intervensi dan control sebesar 44,82 sedangkan perbedaan sikap baik kelompok intervensi dan control sebesar 49,0 (p-value = 120.000). Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi kesehatan reproduksi remaja melalui media video terhadap pengetahuan dan sikap tentang seksual pranikah di SMP N 1 Dente Teladas Tulang Bawang Lampung Saran: Diharapkan adanya edukasi yang diberika secara berkelanjutan di sekolah – sekolah. Kata Kunci : Seks Pranikah, kesehatan reproduksi, pengetahuan, sikap Kepustakaan : 33 (2014-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:31
Last Modified: 22 Mar 2024 06:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item