INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAYANAN BIDANG KEHUMASAN (Studi pada akun Instagram @diskominfodepok)

Syamil, Imam (2024) INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAYANAN BIDANG KEHUMASAN (Studi pada akun Instagram @diskominfodepok). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana informasi dan komunikasi publik pemerintah daerah dalam pelayanan bidang kehumasan melalui Instagram diskominfo Kota Depok. Dengan menggunakan teori New Media Pierre Levy, terdiri atas premis: Interaksi Sosial dan Integrasi Sosial . Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada premis Interaksi Sosial, Diskominfo Kota Depok memberikan infromasi dan komunikasi publik yang bersifat terbuka, fleksibel dan dinamis. Selain itu, Konten yang diberikan bersifat edukatif untuk meningkatkan wawasan masyarakat terutama pengikut akun tersebut. Melalui kampanye yang berkaitan dengan edukasi mengenai Teknologi informasi dan komunikasi dan juga melakukan sosialisasi dalam meningkatkan literasi digital pada masyarakat. Pada premis Integrasi Sosial, Peneliti menemukan Diskominfo Kota Depok melakukan polling, QnA, dan mengadakan perlombaan dalam rangka HUT ke-78 sehingga semua masyarakat dapat diintegrasikan melalui beberapa kegiatan yang sebelumnya telah diinfokan melalui akun @diskominfodepok. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah daerah dalam pelayanan bidang kehumasan di kota depok melalui akun @diskominfodepok dilakukan sesuai dengan perspektif teori New Media Pierre Levy yaitu Interaksi Sosial dan Integrasi Sosial. Peneliti menyarankan agar Diskominfo Kota Depok terus meningkatkan kualitas konten, informasi dan komunikasi publik serta pelayanan dalam bidang kehumasan. Kata Kunci : Informasi, Komunikasi Publik, Kehumasan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:36
Last Modified: 22 Mar 2024 03:36
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item