HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DENGAN TINGKAT EFIKASI DIRI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS DEPOK JAYA

PUTRI, SYAGITA NUR AINI (2024) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DENGAN TINGKAT EFIKASI DIRI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS DEPOK JAYA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian yang paling banyak di dunia dalam urutan ketiga di antara beberapa benua yaitu sebesar 25% menurut Data Statistic WHO 2020 dalam Epidemiological Features of Cardiovascular Disease in Asia. Hipertensi yang tidak segera tertagani dapat menyebabkan kematian dini. Dalam penangananya pemerintah melalui BPJS Kesehatan membentuk Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kegiatan Prolanis ini diharapkan dapat mampu meningkatkan efikasi diri pasien hipertensi di Puskesmas Depok Jaya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keikusertaan program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) dengan tingkat efikasi diri pada pasien hipertensi di Puskesmas Depok Jaya Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Dilakukan di Puskesmas Depok Jaya pada bulan November- Desember 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah penyandang hipertensi yang mengikuti kegiatan program Prolanis sebanyak 30 orang yang di ambil menggunakan teknik total sampling. Proses pengambilan data menggunakan alat ukur lembar kuesioner, yang tediri dari kuesioner program Prolanis dan kuesioner Tingkat efikasi diri yang sudah di uji validitas dan realibilitas. Data dianalisis menggunakan Pearson Chi Square dengan hasil uji Fisher Exact Test dan menggunakan skala ukur ordinal untuk keikutsertan Prolanis dan skala interval untuk tingat efikasi diri untuk mengetahui hubungan antar variable. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikasi antara keikutsertaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis dengan Tingkat Efikasi Diri pada pasien Hipertensi di Puskesmas Depok Jaya (P Value = 0.014). Simpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan keikutsertaan program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) dengan tingkat efikasi diri pada pasien hipertensi ( P Value = 0.014) dengan kejadian hipertensi. Diharapkan hasil penelitian ini para pasien hipertensi lebih meningkatkan efikasi diri yang tinggi. Kata Kunci : Keikutsertaan Program Prolanis, Efikasi Diri, Hipertensi Kepustakaan : 50 references (1982 – 2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:10
Last Modified: 22 Mar 2024 03:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item