PEMANFAATAN TIKTOK AKUN @KULINERSAMAAAGAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN UMKM

Sari, Maudy Mayang (2024) PEMANFAATAN TIKTOK AKUN @KULINERSAMAAAGAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN UMKM. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (842kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan TikTok yang dilandassi lima unsur yaitu kreativitas, pengaruh budaya popular, peningkatkan ketrampilan sosial, pengaruh gaya hidup, dan dampak pada kesehatan mental. Setiap pembuatan konten pada TikTok menggunakan filter backsound music dan caption, pembuatan tentang konten pemanfaatan TikTok akun @Kulinersamaaagam sebagai media informasi bagi masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM yang berhasil untuk penyaluran Konten kuliner. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori New Media. Penelitian mencoba mengolaborasi keberlakuan teori New Media dengan memposisikan narasumber menjadi 3 Konsep yaitu: Konvergensi Media, Partisipasi Aktif Pengguna, Transformasi bentuk komunikasi. Dengan menggali lebih dalam pada setiap konsep yang di sebutkan, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran TikTok dalam mempromosikan pertumbuhan UMKM, sekaligus membawa kontribusi terhadap perkembangan teori New Media. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam kepada narasumber, dan menggunakan studi pustaka pada hasil wawancara. Narasumber berasal dari pengguna akun TikTok @Kulinersamaaagam, dua pengguna TikTok, dan dua followers TikTok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:55
Last Modified: 21 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item