KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMELIHARAAN KOMITMEN PASANGAN PERNIKAHAN DINI DALAM MENCEGAH PERCERAIAN DI KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH

Ismina, Dini Harum (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMELIHARAAN KOMITMEN PASANGAN PERNIKAHAN DINI DALAM MENCEGAH PERCERAIAN DI KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover .pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (763kB)

Abstract

Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah yang kesuciannya perlu dijaga oleh kedua belah pihak, baik suami maupun istri. Dalam menjalin hubungan pernikahan dan menjadi suami istri tentu perlu adanya kesiapan yang matang, baik kesiapan fisik, mental serta kesiapan usia dalam pernikahan. Pernikahan dini di Indonesia menempati urutan tertinggi ke 7 di dunia. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi peran komunikasi interpersonal dalam pemeliharaan komitmen pasangan pernikahan dini. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan teori dialektika relasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian membuktikan pasangan pernikahan dini yang menikah dengan berbagai latar belakang semuanya mengalami kontradiksi dialektika relasional. Dalam hidup berhubungan, tidak ada pola linear yang pasti, karena hubungan ditandai oleh perubahan dan kontradiksi yang merupakan bagian fundamental dari kehidupan. Kelima pasangan pernikahan dini merasakan bahwa umur mempengaruhi cara komunikasi dan sikap. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan pernikahan dini di Kabupaten Pemalang membutuhkan komunikasi yang efektif untuk menjalani hubungan mereka dengan lancar, mengingat usia mereka yang masih muda Kata kunci : Pernikahan dini, perceraian, kontradiksi, dialektika relasional, pemeliharaan komitmen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:43
Last Modified: 21 Mar 2024 02:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item