PERBANDINGAN MEDIA EDUKASI VIDEO DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG FEMININE HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMA NURUL FALAH JAKARTA

Pratiwi, Tiara Pridyani (2024) PERBANDINGAN MEDIA EDUKASI VIDEO DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG FEMININE HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMA NURUL FALAH JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Data survei yang dilakukan World Health Organization (WHO) di beberapa negara menunjukkan bahwa remaja putri usia 10-14 tahun mempunyai masalah reproduksi. Data statistik di Indonesia menunjukkan bahwa 43,3 juta remaja putri berusia 10-14 tahun memiliki kebiasaan kebersihan yang sangat buruk. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan wawasan dengan media edukasi video dan booklet dan mengevaluasi efektivitas kedua metode ini yang lebih efisien dalam meningkatkan pengetahuan dan mempromosikan sikap positif terkait kebersihan kewanitaan saat menstruasi pada remaja putri. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media edukasi video dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang feminine hygiene saat menstruasi di SMA Nurul Falah Jakarta. Metodologi : Penelitian quasi experiment ini menggunakan rancangan two group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswi yang terdiri dari 42 siswi kelompok video dan 42 siswi kelompok booklet. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner tentang pengetahuan dan sikap remaja putri tentang feminine hygiene saat menstruasi. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai pearson correlation > nilai r tabel (0,361). Data dianalisis menggunakan univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dari variabel yang diambil dan bivariat menggunakan uji non parametrik yaitu uji wilcoxon untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap antar kelompok dan uji mann whitney untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap antar kelompok. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok video dan kelompok booklet (p<0,05) dan ada perbedaan pada nilai sikap antara kelompok video dengan kelompok booklet setelah diberikan intervensi (p<0.05). Kesimpulan : Intervensi menggunakan media edukasi video dan booklet mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang feminine hygiene saat menstruasi Saran : Diharapkan media video dan booklet dapat dijadikan intervensi kesehatan untuk promotor kesehatan dalam menyampaikan informasi tentang feminine hygiene saat menstruasi pada remaja putri Kata kunci : Menstruasi, feminine hygiene, media edukasi kesehatan Kepustakaan : 27 (2010-2022)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:16
Last Modified: 20 Mar 2024 07:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item