PENDEKATAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR JAPFA4KIDS PT. JAPFA COMFEED INDONESIA

Fatikhasari, Shopyana (2024) PENDEKATAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR JAPFA4KIDS PT. JAPFA COMFEED INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (652kB)

Abstract

Dalam era tanggung jawab sosial perusahaan/CSR, perusahaan kini mengintegrasikan kegiatan CSR ke dalam strategi bisnis untuk meningkatkan reputasi, citra positif, motivasi karyawan, dan pangsa pasar. Namun, perkembangan CSR menunjukkan perubahan paradigma, dengan fokus pada keberlanjutan hidup komunitas dan pengelolaan sumber daya. Sustainable Development Goals (SDG's) menyoroti pentingnya menggandeng keuntungan ekonomi, lingkungan, dan manfaat masyarakat. PT Japfa Comfeed Indonesia menonjol sebagai contoh, terlibat dalam SDGs melalui program CSR Japfa4Kids yang berfokus pada kesehatan dan gizi anak-anak di sekolah-sekolah terdekat. Penelitian ini mengusung metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi dampak sosial dari program CSR Japfa4Kids, khususnya dalam perubahan pola makan anak-anak dan pengelolaan lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif program berhasil memberdayakan masyarakat, terlihat dari antusiasme siswa, peningkatan pemahaman, dan perubahan positif pada infrastruktur sekolah. Dalam konteks pembangunan berkelanjutan, program ini tidak hanya memenuhi kebutuhan perusahaan tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan, pendidikan, dan perubahan perilaku masyarakat. Kesimpulannya, pendekatan CSR yang berorientasi pada keberlanjutan mampu memberdayakan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Sustainable Development Goals, Japfa for Kids, pendekatan partisipatif, dampak sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:59
Last Modified: 20 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item