TRANSFORMASI POLA KONSUMSI: STUDI KASUS PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DALAM PENGALAMAN BELANJA ONLINE DI KELURAHAN CIPINANG BESAR UTARA JAKARTA TIMUR

Yulianti, Ratna (2024) TRANSFORMASI POLA KONSUMSI: STUDI KASUS PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DALAM PENGALAMAN BELANJA ONLINE DI KELURAHAN CIPINANG BESAR UTARA JAKARTA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Transformasi Pola Konsumsi Pengguna Shopee Paylater Dalam Belanja Online di Kelurahan Cipinang Besar Utara Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji transformasi pola konsumsi shopee paylater di masyarakat Kelurahan Cipinang Besar Utara Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pandangan masyarakat terhadap pola konsumsi dengan menggunakan shopee paylater di Kelurahan Cipinang Besar Utara Jakarta Timur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori consumer society dari Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguna shopee paylater terus meningkat seiring semakin banyaknya tingkat kebutuhan manusia baik kebutuhan primer, skunder, bahkan tersier semua tersedia dalam satu aplikasi yaitu Shopee. Hal ini yang menjadi fenomena baru dikalangan masyarakat dari kalangan pekerja, mahasiswa dan pelajar. Dapat didasarkan pada faktor ekonomi, desakan kebutuhan dan faktor voucer diskon. Dalam pengguna shopee paylater untuk pembelian produk secara online didasarkan pada dorongan keinginan semata. Selain itu, perilaku konsumtif dalam penggunaan shopee paylater ini melihat tren produk yang sedang popular, dengan tujuan mendapatkan pengakuan sosial setara lingkungan pertemanan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:42
Last Modified: 21 Mar 2024 02:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item