EFEKTIVITAS APLIKASI GLINTS DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI LOWONGAN KERJA (Survey Pada Fresh Graduate Universitas Nasional Tahun 2022-2023)

Oktaviani, Adiella Aisy (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI GLINTS DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI LOWONGAN KERJA (Survey Pada Fresh Graduate Universitas Nasional Tahun 2022-2023). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas khalayak menggunakan media pasti mempunyai alasan, salah satunya ialah untuk memenuhi kebutuhan informasi, Teori yang digunakan ialah uses and gratification. Teori ini menekankan bahwa pengguna secara aktif menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Tujuan penelitian melihat Aplikasi Glints efektif memberikan informasi lowongan kerja. Menggunakan model GS (Gratification Sought) dan GO (Gratification Obtained). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang merupakan fresh graduate Universitas Nasional tahun 2022-2023. Dari hasil perhitungan statistik discrepancy, kesenjangan dalam pemenuhan kebutuhan berada pada tingkat sedang dengan skor kesenjangan sebesar 18,29% dan tingkat pemenuhan sebesar 82%. Lalu hasil nilai TCR menunjukan kategorisasi cukup efektif. Kemudian, untuk pengujian hipotesis menggunakan t-test paired two means dimensi informasi didapat rata-rata GS sebesar 40,47 dan rata-rata GO 40,21 dengan selisih 0,26 yang menunjukan GS > GO. Dengan selisih yang kecil dan nilai TCR yang efektif maka Ha diterima, artinya aplikasi lowongan kerja online Glints efektif memenuhi kebutuhan informasi lowongan kerja fresh graduate Universitas Nasional dengan kesenjangan pemenuhan kebutuhan sedang dan ketegorisasi efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:43
Last Modified: 18 Mar 2024 04:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item