POLITIK IDENTITAS DALAM KAMPANYE PADA PEMILIHAN UMUM CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 (STUDI TENTANG PERSPEKTIF MAHASISWA DI KELURAHAN PONDOK CINA, DEPOK, JAWA BARAT)

Shenny, Megia (2025) POLITIK IDENTITAS DALAM KAMPANYE PADA PEMILIHAN UMUM CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 (STUDI TENTANG PERSPEKTIF MAHASISWA DI KELURAHAN PONDOK CINA, DEPOK, JAWA BARAT). Masters thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Politik identitas menjadi fenomena yang menonjol dalam kampanye Pemilu Presiden 2024 dan membentuk dinamika komunikasi politik di kalangan pemilih muda. Narasi berbasis identitas yang tersebar melalui berbagai saluran kampanye memengaruhi cara mahasiswa menafsirkan realitas politik, membangun kedekatan emosional, sekaligus memicu polarisasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana mahasiswa yang berdomisili di Kelurahan Pondok Cina, Depok, memaknai politik identitas dalam kampanye Pemilu Presiden 2024 melalui perspektif Teori Identitas Sosial Henri Tajfel dan John Turner serta Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian terdiri atas mahasiswa dengan latar belakang sosial dan pengalaman politik yang beragam, dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa politik identitas dipersepsikan sebagian mahasiswa sebagai sarana penguatan identitas kelompok dan pembentukan loyalitas, sementara sebagian lainnya menilainya sebagai pemicu perpecahan sosial. Media sosial memiliki peran penting dalam mempercepat penyebaran dan penerimaan narasi politik identitas, sedangkan sikap mahasiswa terhadap
fenomena ini bervariasi antara penerimaan, sikap kritis, dan netralitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: politik identitas, kampanye, mahasiswa, persepsi, pemilu 2024.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Vira Desintha Larasati
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:17
Last Modified: 17 Dec 2025 03:17
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item