Maramis, Henson Palmer (2025) STRATEGI MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ROOM ATTENDANT MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DI ARTOTEL SUITES MANGKULUHUR JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Nasional.
|
Text
COVER.pdf Download (577kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (536kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (723kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi peningkatan kualitas pelayanan Room Attendant melalui pelatihan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dokumentasi, serta analisis menggunakan perangkat lunak NVivo dan pendekatan SWOC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan yang dilaksanakan secara terstruktur, dengan memperhatikan kriteria peserta, durasi, kompetensi instruktur, serta dukungan anggaran, mampu meningkatkan profesionalisme, keterampilan teknis, dan kepercayaan diri staf Housekeeping. Dukungan aktif manajemen, evaluasi berbasis data, dan pemanfaatan inovasi teknologi menjadi faktor kunci keberhasilan program. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan kualitas layanan yang berkesinambungan dan adaptif terhadap tren industri untuk menciptakan pengalaman menginap yang lebih baik, meningkatkan kepuasan dan loyalitas tamu, serta memperkuat citra dan daya saing hotel secara jangka panjang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Pariwisata |
| Depositing User: | Fitria Nur Indah Hasanah |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:45 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
