EVALUASI PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR UNTUK RAKYAT MISKIN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 CIPINANG MELAYU

Hardiansyah, Fikri (2025) EVALUASI PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR UNTUK RAKYAT MISKIN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 CIPINANG MELAYU. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Kartu Jakarta Pintar (KJP) diluncurkan Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta untuk menjamin akses pendidikan dasar yang setara bagi anak-anak dari
keluarga prasejahtera. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pelaksanaan KJP di
Sekolah Dasar Negeri 07 Cipinang Melayu menggunakan model evaluasi CIPP—
Context, Input, Process, Product—dalam pendekatan deskriptif-kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam (kepala sekolah,
guru, dah orang tua, serta analisis dokumen sekolah dan laporan KJP.
Hasil evaluasi: Context – Program KJP tepat mengidentifikasi kebutuhan dasar siswa
miskin; bantuan seragam, alat tulis, tas, sepatu, dan transportasi meningkatkan
semangat belajar dan mendukung target wajib belajar 12 tahun. Input – Mekanisme
pendataan dan administrasi di sekolah sudah terstruktur, tetapi akurasi DTKS,
minimnya sosialisasi prosedur baru, dan keterbatasan akses digital menyebabkan
sebagian siswa layak terlewat sementara penerima non-layak masih tercatat. Process
– Pelaksanaan mengikuti petunjuk teknis Dinas Pendidikan; kendala utama berupa
keterlambatan pencairan dana dan rendahnya literasi orang tua tentang penggunaan
bantuan. Sekolah aktif melakukan pendampingan dan sosialisasi. Product – Program
menurunkan angka putus sekolah, meningkatkan kedisiplinan, dan menaikkan rata-
rata nilai rapor siswa sebesar sekaligus menurunkan ketidakhadiran. Dampak
psikososial positif terlihat pada partisipasi belajar dan ekstrakurikuler.
Kesimpulannya, KJP di SDN 07 Cipinang Melayu efektif dan tepat sasaran sebagai
strategi mengurangi ketimpangan akses pendidikan akibat keterbatasan ekonomi.
Perbaikan tetap diperlukan pada akurasi data penerima, ketepatan waktu penyaluran
dana, transparansi seleksi, dan edukasi pemanfaatan dana agar program
makin berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vira Desintha Larasati
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:02
Last Modified: 17 Nov 2025 08:02
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item