PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN WHITE TREE RESIDENCE MELALUI CYBER PR DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN

Julianthy, Widhya Maryam (2025) PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN WHITE TREE RESIDENCE MELALUI CYBER PR DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunikasi pemasaran yang
xi
UNIVERSITAS NASIONAL

dilakukan oleh White Tree Residence melalui pendekatan Cyber PR dalam upaya
mempertahankan loyalitas pelanggan. White Tree Residence, sebuah hotel yang
terletak di tengah perkampungan, menghadapi tantangan untuk bersaing dengan
hotel-hotel lain yang lebih besar dan terkenal. Dalam konteks ini, komunikasi
pemasaran yang baik menjadi kunci untuk menarik dan mempertahankan
pelanggan. Penelitian ini mengacu pada teori P.E.N.C.I.L.S, yang mencakup
elemen-elemen penting dalam komunikasi pemasaran, yaitu Publications, Event,
News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, serta
Social Responsibility. Melalui penerapan elemen-elemen tersebut, White Tree
Residence berupaya membangun citra positif dan meningkatkan keterlibatan
komunitas, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan loyalitas
pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Cyber PR yang
diterapkan oleh White Tree Residence berhasil dalam menarik pelanggan dan
bantuan komunikasi pemasaran dari staf operasional berhasil menciptakan
hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, serta meningkatkan kesadaran dan
citra hotel di kalangan masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan
kontribusi bagi pengembangan komunikasi pemasaran di industri perhotelan,
khususnya bagi hotel-hotel yang beroperasi di lingkungan yang kompetitif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data nya yaitu wawancara, observasi dan kepustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Irna Irna Yunita
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:11
Last Modified: 13 Nov 2025 07:11
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item