PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2025

Sudrajat, Dhea Irawati (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2025. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mobile JKN merupakan aplikasi digital yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan guna memudahkan peserta dalam mengakses layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan tahun 2025. Kualitas pelayanan dianalisis berdasarkan lima dimensi dari teori Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Sementara itu, kepuasan pengguna diukur menggunakan teori Tjiptono melalui tiga indikator, yaitu kesesuain harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode
survei terhadap 100 responden pengguna aktif. Analisis data dilakukan menggunakan program IBM SPSS 31. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebesar 8,457 + 0,412X dan pengujian hipotesis (t Test) menghasilkan nilai
thitung > ttabel (12,140 > 1,984), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan Tahun 2025. Artinya, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan melalui aplikasi Mobile JKN, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan oleh penggunanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Irna Irna Yunita
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:36
Last Modified: 13 Nov 2025 04:36
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item