KOMUNIKASI PERSUASIF GURU BIMBINGAN KONSELING KEPADA SISWA DALAM MENGURANGI KENAKALAN DAN PERGAULAN BEBAS SISWA SMK MITRA PEMBANGUNAN (Studi Pada Angkatan 2025)

Bayhaqi, Farand (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF GURU BIMBINGAN KONSELING KEPADA SISWA DALAM MENGURANGI KENAKALAN DAN PERGAULAN BEBAS SISWA SMK MITRA PEMBANGUNAN (Studi Pada Angkatan 2025). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) berperan dalam mengurangi kenakalan dan pergaulan bebas siswa di SMK Mitra Pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan landasan teori Persuasi dari Carl Hovland serta model komunikasi persuasif McGuire. Teori ini menekankan bahwa perubahan sikap dan perilaku dapat dicapai melalui sumber yang kredibel, pesan yang menarik, dan pemahaman komunikan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap guru BK serta siswa yang bersangkutan, seperti Hamasi dan Fikri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK, Bapak Hery Catur, menggunakan strategi komunikasi persuasif seperti pendekatan naratif, diskusi reflektif, pemberian contoh konkret, serta konseling individu dan kelompok. Proses komunikasi dilakukan secara dialogis dan empatik sehingga siswa merasa dihargai dan tidak dihakimi. Perubahan signifikan terjadi pada sikap dan keyakinan siswa terhadap perilaku menyimpang. Keyakinan keliru seperti menganggap kenakalan sebagai bentuk ekspresi diri atau pergaulan bebas sebagai jalan mendapat pengakuan sosial berhasil digantikan dengan nilai-nilai baru yang lebih rasional dan positif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif efektif dalam membentuk kesadaran, mengubah sikap, dan mendorong perubahan perilaku siswa yang lebih konstruktif dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitria Nur Indah Hasanah
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:16
Last Modified: 13 Nov 2025 03:16
URI: https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item